Senin, 23 April 2012

Memilih Kunci Pintu Yang Tepat Untuk Rumah

Kunci pintu merupakan bagian penting bagi sebuah rumah, karena kunci pintu merupakan alat pengaman yang dapat memberikan rasa aman bagi pemilik rumah. Hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu dalam memilih kunci pintu yang tepat untuk rumah adalah :
1. Jenis pintu
2. Jenis ruangan

1. Jenis Pintu Rumah
Jenis pintu rumah biasanya terbagi 3 jenis :

Pintu Sliding : Pintu sliding atau pintu geser biasanya kunci pintu yang digunakan jenis badan kunci (lockcase) modelnya model catokan (vise) / model hook. Kunci pintu model hook/catokan ini pada ujung lidah kunci terdapat catokan (vise) dimana catokan berfungsi sebagai pengait sehingga pintu rumah tidak dapat ditarik ke samping.

Pintu Swing : Pintu swing atau disebut juga pintu ayun merupakan jenis pintu yang kebanyakan digunakan hampir disetiap rumah. Jenis pintu swing pada setiap rumah jenis badan kunci (lockcase) yang digunakan kombinasi dari lidah pengait atau lacth bolt dan pengait mati atau dead bolt. Untuk pintu dua daun menggunakan badan kunci yang digunakan adalah kombinasi roller latch  (pengait hidup sistem roll) dan dead bolt (pengait mati).

Pintu Folding : Pintu folding biasanya sering digunakan pada pintu garasi. Pada pintu folding biasanya kunci pintu diberikan pada pintu pertama saja, jenis kunci bisa memakai badan kunci (lockcase) model hook. Pada pintu garasi yang dibuat manual dapat menggunakan kombinasi latch bolt dan dead bolt.


2. Jenis Ruangan Rumah
Jenis ruangan pada sebuah rumah secara garis besar dibagi dalam 3 ruangan, untuk mengetahui jenis silinder yang akan digunakan pada pintu maka perlu mengetahui jenis ruangan terlebih dahulu.
 
Ruang utama / ruang depan : Untuk pintu depan atau ruang utama biasanya menggunakan jenis silinder ganda dimana bagian dalam dan luarnya menggunakan anak kunci,supaya mendapatkan  sistem keamanan
baik bisa di gunakan anak kunci yang anak kuncinya tidak dapat diduplikat. 

Ruang kamar / ruang dalam :  Kunci kamar dapat menggunakan knob silinder agar mudah dalam dalam pemakaian yaitu cukup dengan memutar untuk membuka dan mengunci dari dalam.

Kamar mandi :  Pada kamar mandi silinder yang digunakan tidak perlu menggunakan anak kunci dibagian luar cukup disediakan alat pembuka untuk digunakan pada saat darurat.


gambar dari kwinanarealestate.com.au

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...